Framework Css terbaik 2021

4 Framework CSS Terbaik 2021 Untuk Digunakan dan Dipelajari

Pada kesempatan ini JogjaXploit akan membagikan artikel mengenai 4 Framework CSS Terbaik di Tahun 2021 yang wajib di pelajari.

Apa itu CSS?

CSS atau singkatan dari Cascading Style Sheet adalah sebuah bahasa styling yang di gunakan untuk memberi warna, mengatur tata letak, mengubah ukuran font, memberi warna, dan lain sebagainya. Intinya, CSS digunakan untuk mempercantik desain dari suatu website atau aplikasi.

Untuk menggunakan CSS, kita dapat menuliskan baris-baris code CSS nya. Bisa melalui lembar html nya langsung, atau pada file tersendiri.

Lalu apa itu Framework CSS?, berikut ini pengertiannya.

Pengertian Framework CSS

Framework CSS singkatnya yaitu sebuah library atau perkumpulan script / style yang sudah disediakan oleh developers dan kita tinggal memanggil library tadi apabila ingin menggunakannya.

Dengan Framework kita dapat mempersingkat penulisan code dan juga mempercepat proses pemberian style pada website kita.

Tanpa adanya framework ini, kita perlu menuliskan code styling yang panjang dan banyak. Hal ini tentu menyita waktu yang tidak sedikit.

Baca Juga -> Situs Bumi Scholar Kena Suspend?, Berikut Penjelasannya

Perlu kalian ketahui, ada banyak sekali Framework CSS yang ada saat ini. Pada artikel ini akan kami bagikan 4 yang terbaik di tahun 2021 ini.

4 Framework CSS Terbaik 2021

Bootstrap

Framework CSS terbaik 2021 yang pertama yaitu Bootstrap.

Bootstrap ini merupakan Framework CSS yang paling populer digunakan sampai saat ini. Tak hanya itu, bootstrap ini salah satu framework yang sudah ada sejak lama.

Fw satu ini juga tercatat sudah digunakan oleh lebih dari 2 juta pengguna Github. Saat artikel ini dibuat, bootstrap sudah mencapai versi 5, yang mana terdapat banyak perubahan terhadap versi sebelumnya ( V.4 ).

Karena kemudahannya, bootstrap ini cocok bagi para pemula. Didukung oleh dokumentasi dan library yang mudah, membuat FW CSS satu ini cukup friendly atau mudah dipahami.

Materialize CSS

Materialize CSS merupakan framework CSS terbaik kedua setelah Bootstrap.

Framework ini cukup populer di kalangan Web Designer dikarenakan tampilan yang elegant, open source, kecepatan yang ringan, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga -> Website BigTek Terkena Hack, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Materialize ini digunakan dan dikembangkan oleh Google yang mana menjadikan FW CSS satu ini tidak diragukan lagi.

Untuk pemula, belajar menggunakan Materialize perlu untuk dicoba. Tidak perlu khawatir bingung atau mengalami kesulitan, karena Dokumentasi yang lengkap dan juga komunitas yang cukup besar.

Tailwind CSS

Tailwind CSS merupakan salah satu Framework paling ringan diantara FW CSS lainnya.

Hal ini dikarenakan Tailwind CSS tidak menggunakan terlalu banyak Javascript dan bahasa lain yang menjadikannya berat.

Bahkan sang Developers mengatakan bahwa Tailwind ini memiliki motto yaitu kecepatan dan keringanan yang disajikan.

Tailwind ini sangat cocok bagi para pengembang web yang sudah memiliki cukup pengalaman mengenai Coding. Banyak sekali Developers expert yang memutuskan menggunakan Tailwind CSS.

Namun untuk pemula tidak terlalu disarankan untuk menggunakan Framework ini dikarenakan perlu untuk memahami sedikit mengenai Coding. Namun apabila memutuskan untuk menggunakannya, dukungan komunitasnya cukup besar juga. Jadi tidak perlu khawatir lagi apabila menemui kesulitan.

Foundation

Framework CSS terbaik 2021 yang terakhir yaitu Foundation.

Foundation sangat cocok bagi para Developers yang menginginkan tampilan elegant, kecepatan yang hebat, dan sepenuhnya customizable atau bisa diubah-ubah.

Tidak seperti Framework lainnya, Foundation ini dapat di customizable secara penuh. Hal ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki imajinasi tinggi.

Yang membuat FW CSS satu ini keren lagi, Foundation ini sangat fleksibel dan mudah digunakan karena adanya built-in-components yang sangat lengkap. Mulai dari Navbar, Multiple Container, Grid System, dan lain sebagainya.

FW CSS ini juga dilengkapi dengan built-in animations oleh ZURB Motion UI Library. Terdapat banyak sekali transisi dan animasi keren yang bisa kalian gunakan untuk mempercantik tampilan / design website.

Framework CSS Terbaik?

Hampir semua Framework CSS ini didesain untuk mempermudah kita dalam membangun website, khususnya bagian Front End.

Hampir semua Framework CSS memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Ada yang mengedepankan kecepatan, ada yang mengutamakan tampilan, dan sebagainya.

Semuanya tergantung dari kebutuhan dan selera kalian sendiri. Namun menurut kami, bagi pemula disarankan untuk mencoba Bootstrap terlebih dahulu dikarenakan kemudahan dan besarnya dukungan komunitas yang ada, khususnya di Indonesia.

Penutup

Mungkin cukup sekian artikel kali ini mengenai Framework CSS Terbaik 2021. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dalam memilih Framework CSS mana yang akan digunakan.

Terima kasih sudah mengunjungi JogjaXploit ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan baik kecil maupun besar. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on tumblr
Tumblr

Tinggalkan komentar